Ahok-Djarot Unggul di Semua Debat Publik

Survei terakhir yang diadalah Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan pasangan Basuki Tjahaya Purnama – Djarot Saiful Hidayat kembali memimpin dukungan publik dengan 34,8 persen suara jika Pilkada dilakukan sekarang. Urutan kedua ditempati pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno dengan perolehan suara 26,4 persen. Sementara posisi terbawah kini ditempati Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni dengan 22,5 persen suara.

Hasil survei ini menunjukkan pilihan warga DKI Jakarta bergerak dinamis. Ahok-Djarot menunjukkan peningkatan signifikan dibanding survei sebulan sebelumnya. Sebaliknya, dukungan pada Agus-Sylvi mengalami penyusutan yang cukup dalam. Sementara dukungan publik pada Anies-Sandi relatif stabil dengan peningkatan yang tidak cukup signifikan.

Debat publik menjadi faktor utama yang dinilai berperan paling penting dalam perubahan pilihan warga DKI pada Pilkada DKI Jakarta menjelang hari pemilihan. Demikian salah satu kesimpulan dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada 27 Januari 2017 itu. Secara keseluruhan, 88 persen publik DKI menilai debat kandidat penting atau sangat penting untuk mengetahui dan menilai program kerja calon gubernur-wakil gubernur Ibukota Jakarta.

Survei ini juga menunjukkan bahwa mayoritas warga DKI (62 persen) menyaksikan acara debat publik yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta pada tanggal 13 Januari 2017. Masih ada 38 persen warga yang menyatakan tidak menonton acara debat. Dari mereka yang menonton debat, 44 persen warga menyatakan Basuki Thahaya Purnama – Djarot Saiful Hidayat unggul dalam pelbagai segi. Yang menyatakan Anies Baswedan –Sandiaga Uno unggul sebanyak 27 persen, sementara Agus Yudhoyono – Sylviana Murni 17 persen.

Penilaian atas keunggulan Ahok-Djarot dalam debat resmi KPUD yang pertama terkonfirmasi pada pilihan kebanyakan warga. 40,1 persen warga yang menonton acara debat menjatuhkan pilihan pada pasangan nomor 2. Pasangan nomor 3 memeroleh dukungan 26,2 persen dari yang menonton. Sementara pasangan nomor 1 mendapat 21 persen suara dari warga yang menonton debat.

Secara konsisten, mereka yang menyatakan pasangan tertentu unggul dalam debat cenderung menjatuhkan pilihan pada calon yang dianggap unggul tersebut. 85,4 persen dari 17 persen yang menyatakan Agus unggul menjatuhkan pilihan padanya. Sementara 87 persen dari 44 persen warga yang menyatakan Ahok unggul menyatakan akan memilihnya jika pemilihan dilakukan sekarang. Demikian pula pada warga yang menyatakan Anies unggul dalam debat (27 persen), 75 persen di antaranya akan memilih Anies.

Secara lebih spesifik, survei ini juga melacak beberapa point penilaian, antara lain cara penyampaian gagasan, kualitas program, dan persepsi atas penguasaan masalah. Pada aspek cara penyampaian gagasan, Ahok-Djarot meraih dukungan paling banyak, yakni 42 persen, urutan kedua diraih Agus-Sylvi 15 persen dan Anies-Sandi 10 persen. Pada aspek program kerja, lagi-lagi Paslon nomor dua teratas dengan 49 persen, disusul Anies-Sandi 24 persen, kemudian Agus-Sylvi di urutan terendah 17 persen. Ahok-Djarot juga dipersepsi paling menguasai permasalahan yang diperdebatkan, yakni 47 persen, sementara Anies-Sandi 28 persen, dan Agus-Sylvi 15 persen.

Selain debat resmi yang diadakan oleh KPUD DKI, survei ini mengajukan pertanyaan tentang respon warga atas dua kali debat calon yang diadakan stasiun televisi swasta: Net TV dan Kompas TV. Di dua debat itu, lagi-lagi kebanyakan warga menonton debat menyatakan bahwa Ahok-Djarot mengungguli lawan debatnya Anies-Sandi. 47 persen warga menyatakan Badja unggul di debat yang diadakan Net TV, 9 Desember 2016. Sementara yang menyatakan Anies-Sandi unggul sekitar 36 persen. Hal yang tidak jauh berbeda dengan debat yang diadakan Kompas TV pada 15 Desember 2016. 44 persen warga yang menyaksikan debat tersebut menyatakan Ahok-Djarot unggul, sementara yang menyatakan Anies-Sandi unggul adalah 40 persen.

Dimuat Jakarta Asoy, 28 Januari 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s