perihal

Lahir di Mamuju, Sulawesi Barat. Alumnus Pondok Pesantren Darud Dakwah wal Irsyad Mangkoso Sulawesi Selatan dan Madrasah Aliah Program Khusus (MAPK) Makassar. Tahun 2006, meraih gelar Sarjana Strata 1 dari jurusan Aqidah Filsafat Universitas Islam Negeri Jakarta dengan skripsi berjudul “Meneguhkan Kembali Kebebasan Individu: Kritik Isaiah Berlin terhadap Universalisme Pencerahan.” Semasa mahasiswa aktif di Forum Mahasiswa Ciputat (FORMACI), Forkot, Teater Altar, HMI, dan BEM UIN Jakarta. Pernah bekerja di Indonesian Institute for Civil Society (INCIS), Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF) dan Yayasan Wakaf Paramadina. Sekarang bekerja sebagai manager program di Jaringan Islam Liberal. Mengasuh talkshow “Agama dan Masyarakat” di Kantor Berita Radio (KBR) 68H. Talkshow itu disiarkan secara langsung di 42 radio se-Indonesia setiap hari Rabu Pukul 20.00 WIB dan televisi-televisi lokal jaringan Tempo TV.

Advertisements

49 thoughts on “perihal

  1. laode arham

    halo ces, kau masih inget aku kah?

    rupanya kau alumni mAPK Makssar di?
    saya alumni 95…akhir jan. lalu saketemu bogel, mutkharrij sanah 94.

    good luck ya!! salam dari teman2 alumni di Yogya: manggazali, zul, firdaus, dll

    Like

  2. Ibnu

    Berkenaan dengan Kegiatan Workshop tersebut. Aku ingin sekali mengikuti acara tersebut.

    Namun, bagaimana prosesdurnya dan apa yang mesti aku persiapkan.

    Oy…ko no kontaknya tak bisa di hubungi. 081809409807 ini no aku. Makasih.

    Like

  3. Bana & Irsyad

    Halo Body! it’s me Prof. Bana From Liverpool University and Irsyad from Zimbabwe University

    plz register us at some mailing list, especially Formaci’s Milis

    success for the blog!

    Like

  4. anti loe

    loe tuh saking islibnya sampe2 ga punya sopan santun lagi. Setau gw orang2 islib ga gitu. Gw jg pernah bergiat di ciputat. Jgn sembarangan dong komentar di blog orang, apa maksudnya? Udah pinter, baru di islib aja uda petantang petenteng, bikin malu islib aja. ngaca dong, nanti deh gw kirim cermin.

    Like

  5. anti loe

    tadinya gw (abis dari milis idewe)ga percaya sm berita hidayatullah.com bahwa korlab AKK-BB bilang islam anjing. NAh, skr gw baru percaya. SELAMAT dan SUKSES deeh………..

    Like

  6. Sawali Tuhusetya

    salam kenal, mas saidiman. saya baca blognya keren banget content-nya. jaringan islam liberal, wadah yang cocok utk anak2 muda yang masih memiliki idealisme terhadap masalah2 kebangsaan dan religi. kebetulan saya juga senang sastra 😆

    Like

  7. jos

    Saya mengajak Anda untuk kembali merenungkan perjuangan Anda selama ini. Apakah sebenarnya yang Anda perjuangkan, Pak? Demokrasi? HAM? Uang atau Kekayaan?
    Tolong, selamatkah Islam sekarang!

    jos/surabaya

    Like

  8. saidiman

    JIL itu apa, Zionis itu apa? Harus dijelaskan dulu keduanya baru disimpulkan keterkaitannya. Kesimpulan tanpa penjelasan ibarat orang berdiri tanpa menjejak tanah alias hantu. Ih ngeri…

    Like

  9. Anam

    Saleum
    saya bukan MAPK tapi pernah ngisi training keislaman di MAPK di Solo… bajigur saya ngak pernah nyantri “formal” malah ngajari para santri soal islam padahal saya ngajinya filsafat… ada masalah apa ya?
    hasilnya banyak alumninya ngaji filsafat dan studi kekinian, lagi ngetrend kali ye santri ngaji barat… padahal itu kan hanya bacaan, tapi koq geleng2 hasilnya, ayo ikut2an aja biar ngak ketinggalan
    (note: mimpinya sih ada pembaharuan di barat sendiri, tapi semua dinamis saja ngak menarik kalo gitu2 aja)

    Like

  10. saidiman

    Terima kasih undangannya Bapak Hatim. Selain undangan berbulan madu, sebetulnya yang paling saya nanti dari Bapak Hatim adalah undangan walimah al-urs

    Like

  11. cecep

    Selamat siang Pak Saidiman,

    Saya terkejut membaca artikel anda ini. kenapa seorang islam tidak senang dengan syariatnya sendiri, apakah Bapak bukan orang islam?, atau anda mau menjalankan hukum islam sesuai dengan selera anda tidak berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist?. Kalao saya boleh saran lebih baik anda belajar lagi tentang islam supaya anda tidak dibodohi orang lain. terima kasih.

    Like

  12. ayus yuwana

    hai orang gila ngapain lo buat blog klo hanya mau merusak aqidah umat. rusak aja tu istri mu bawa kepelacuran aja kamu tinggal nunggu uang mengalir itukan tujuan hidup mu darah mu halal bagi umat islam yang menginginkan kedamaian

    Like

  13. anwar

    ANDA ITU SUSAH CARI KERJAAN YA??? KERJASAMA KAFIR DIEMBAT JUGA, BERAPA SIH IMBALANMU DIDUNIA INI UNTUK MENGHUJAT AGAMAMU SENDIRI (NGAKUNYA ISLAM)??? INILAH SALAH SATU ORANG YANG MAUNYA LANGSUNG KAYA WALAUPUN MENJUAL AGAMANYA SENDIRI….GO TO HELL

    Like

  14. Bentley

    Kasian amat lu mas… Ga bisa nyari kerjaan lain yang lebih baek. Pikiran ente udah rusak sama yang namanya JIL… Kasian amat liat ente jual Islam demi duit. Demi pencitraan diri biar orang mikir ente pinter bahasa inggris dengan dimuatnya artikel-artikel ente di jakartapost. Lantas apa bedanya ente sama orang-orang yang korupsi uang rakyat ketika mereka duduk di parlemen? Kasian amat lu mas… Mending segera tobat deh… Bahkan aku masih bertanya-tanya, apa ente masih shalat? dan apakah ente masih muslim? Mending segera tobat aja deh mas…. Daripada terus-terusan di JIL, ente makin ga sehat tu otak…..

    Like

  15. Dandin

    keren juga blognya, saya kenal ente di kampus, tapi belum tentu ente kenal ane, saya suka tulisan-tulisan ente. kita sering ketemu di HMI atau pas urusan BEM
    salam kenal
    Dandin

    Like

  16. abuy

    JIL…..?
    budak akal & hawa nafsu…..
    mahluk dengan pemikiran seperti ini memang harus keluar juga di akhir zaman…. shodaqo nabiyyunaa sholallahu alaihi wasalam

    Like

  17. Iwan

    Kasihan sekali Anda ya……

    Saya doakan hati Anda…malam nanti..bangun sholat tahajud….dzikir……mohon petunjuk dari Alloh ……

    Besuknya, ajukan resign dr JIL…keluar saja…

    Saya kasihan sekali dengan Anda…..

    Like

  18. Ibnu

    Setelah membaca tulisan Anda di Koran Tempo, Senin, 03 Oktober 2011, “Tuhan dalam Teror Bom”, saya berkesimpulan ternyata Anda sudah menjadi Atheis… Masya Allah…

    Like

  19. Lanturegge

    Bodoh sekali Anda saidiman. Dongo’-dongo kata orang Bugis. Mau-maunya kamu menggadaikan aqidahmu hanya utk sesuap nasi. Padahal ente alumni DDI, alumni MANPK, yang sangat memperhatikan aqidah. Kata orang bugis, orang model Anda ini loi diaseng,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s